-->
alcomp. Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *

mengapa laptop gak bisa start

Kali ini kita akan coba menganalisa penyebab mengapa laptop tidak start pada atau terjebak pada layar logo laptop atau laptop gagal boot ke dalam sistem operasi. Laptop komputer Anda dapat menjadi tidak responsif karena salah satu alasan berikut:
Tidak ada Power-Tidak menerima daya
Tidak ada POST-Tidak dapat menyelesaikan Power-On-Self-Test
Tidak Boot – Tidak dapat menjalankan Sistem Operasi
Tidak ada Video – Layar tidak menampilkan apa-apa.
Laptop Tidak Ada Power
Salah satu penyebab Laptop Tidak Bisa Masuk Windows adalah tentu saja tidak ada power. Laptop komputer memiliki indikator daya yang harusnya menyala ketika menerima daya. Pada Desktop panel depan casing komputer telah LED di dekat tombol power.
Cobalah atasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dengan langkah-langkah berikut untuk mengatasi situasi laptop yang tidak-powering:
Pastikan bahwa baterai telah terisi penuh
Lepaskan baterai dan lepaskan Adapter AC, Tahan tombol power selama 5 detik untuk melepaskan “Static Flea Power”
Pasang kembali baterai pada Notebook dan tes lagi
Lepaskan baterai dari Notebook dan tes denga hanya menggunakan Adaptor AC
Pastikan bahwa Power LED pada Adaptor AC menyala untuk memastikan fungsi dari AC Adapter, juga coba gunakan AC Adapter lain jika tersedia
Cobalah stopkontak yang berbeda, pindahkan kabel power
Pasang kembali kabel listrik yang terhubung ke “Power adapter” laptop.
Tukar kabel daya Monitor dengan sistem kabel listrik dan daya pada Desktop
Laptop tidak dapat POST
Penyebab lain dari Laptop Tidak Bisa Masuk Windows adalah ada power tetapi tidak ada POST atau Power-On Self-Test yang merupakan serangkaian pemeriksaan komputer berjalan setiap kali laptop start. Jika laptop gagal pada salah satu tes ini, maka akan menghentikan proses start-up.
Indikasi dari permasalahan POST sebagai rangkaian Laptop Tidak Bisa Masuk Windows meliputi:
Jika laptop menampilkan logo laptop dan tidak bergerak melewati titik itu, mungkin laptop mengalami gagal POST.
Jika indikator power menyala dan kuning atau oranye, ini biasanya merupakan indikator bahwa laptop telah gagal POST.
Jika Anda melihat teks pada layar hitam, laptop saat ini sedang melakukan POST. Jika laptop tetap dalam kondisi itu dan tidak bergerak melewatinya, itu mungkin laptop telah gagal POST.
Jika layar video tidak menampilkan apa-apa selama proses startup tetapi sekarang hitam, hal ini mungkin menunjukkan bahwa laptop gagal POST .
Jika laptop berbunyi atau jika caps/num/scroll locks berkedip , perhatikan jika ada pola tertentu di mana terdengar bunyi ‘bip atau berkedip.
Untuk petunjuk tentang cara untuk mendapatkan kode beep komputer, mengacu pada referensi tiap merk laptop .
Jika laptop tidak berbunyi dan key caps/num/scroll locks tidak berkedip, cabut semua koneksi dan lepas semua perangkat media komunikasi ( misalnya monitor eksternal ); lalu hubungkan kembali satu per satu dan tes lagi.
Tekan dan tahan tombol Fn dan kemudian tekan tombol power. Ini memulai pengujian pra -boot dan akan menampilkan ePSA. Perhatikan selanjutnya apakah sudah ada tampilan.
Laptop Tidak dapat Boot
Masih rangkaian Laptop Tidak Bisa Masuk Windows adalah bahwa laptop tidak dapat boot. Jika ini terjadi artinya masih ada tanda kehidupan. Setelah laptop menyelesaikan Power-On Self-Test, ia akan mencoba untuk boot sistem operasi. Jika laptop sudah melewati tampilan layar logo Dell dan kemudian laptop hang ketika mencoba untuk memuat sistem operasi, kemungkinan besar adalah masalah Boot atau kerusakan system operasi. Tekan dan tahan tombol Fn dan kemudian tekan tombol power. Seharusnya laptop jalan setelah proses ini.
Jika laptop tidak booting juga, berarti anda harus mengatasi masalah Laptop Tidak Bisa Masuk Windows yaitu memperbaiki kerusakan system operasi

Laptop Tidak Ada Video
Masalah terakhir pada kasus Laptop Tidak Bisa Masuk Windows adalah laptop start normal, kipas jalan, ada bunyi beep dan indicator LED normal, DVD Rom bisa keluar masuk.
Jika indikasi kekuatan normal tapi tidak pernah ada video yang dilihat pada layar komputer selama proses startup, ini mungkin menunjukkan masalah ada Video atau pada masalah monitor lcd. Untuk memastikan letak kerusakannya cobalah gunakan monitor eksternal lalu tes lagi. Jika ternyata ada video pada layar maka berarti lcd laptop yang rusak. Jika ternyata hasilnya sama berarti ada masalah pada bagian vga laptop dan harus anda periksa lebih lanjut.
Demikian cara mengatasi masalah jika Laptop Tidak Bisa Masuk Windows, semoga ada pencerahan untuk anda.


Search This Blog

Blog Archive

Labels

Recent Posts

Comments

popular

 

Label

Contact us

Atas